Sains dan Teknologi Bertendensikan Keislaman

Ilmu dan teknologi adalah instrument yang penting untuk membangun orang-orang yang beradab. Dengan ilmu yang dimiliki, Allah akan mengangkat derajat seorang muslim. Ilmu dan tingkat kecerdasan manusia juga akan sangat menentukan tingkat ekonomi seseorang.

Ilmu dan iman adalah ibarat saudara kembar, tidak bisa dipisahkan sehingga dimanapun dilakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka iman harus senantiasa mengikuti. Terlebih lagi agama diturunkan tidak hanya untuk urusan akherat belaka, tetapi juga untuk mengatur urusan manusia di dunia guna meraih akherat. Hal ini dibuktikan dengan banyak terjadi perubahan besar berupa pencapaian luar biasa di bidang sains dan teknologi sejak kedatangan Islam. Islam telah mendorong geliat tradisi keilmuan di kalangan kaum muslim. Mereka menyerap ilmu pengetahuan dari beragam sumber. Islam telah mendorong kaum muslim untuk memperdalam urusan dunianya dengan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dari pengetahuan yang telah didapat. Dampaknya adalah kemajuan dan kebangkitan penyebaran Islam telah mendorong pula kemajuan dalam bidang sains dan teknologi bagi umat manusia.dan ini bisa dikatakan bahwa teknologi tidak bisa lepas dari yang namanya bagian dari kehidupan kita bahkan sudah menjadi jantung kehidupan bagi manusia dan sungguh sesuatu hal yang harus disyukuri dengan relevansi-relevansi berasaskan islam.

Teknologi diartikan sebagai ilmu terapan dari rekayasa yang diwujudkan dalam bentuk karya cipta manusia yang didasarkan pada prinsip ilmu pengetahuan. Dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah hal-hal yang baru yang belum diketahui, diterima dan digunakan banyak orang dalam suatu lokasi tertentu baik berupa ide maupun berupa benda atau barang. Suatu teknologi dapat diterima oleh kalangan masyarakat umum dengan baik dan juga bisa di implementasikan lewat hasil revolusi pada sebuah jantung kehidupan hal ini bisa dibuktikan dengan adanya pola perbudakan oleh sebuah teknologi yang sudah mengakar pada kehidupan kita semua tetapi dengan pengendalian sikap serta pengolahan pola pikir dari SDM kita yag berkwalitas berharap supaya kita semua bisa dan dapat megendalikan pola laju pemikiran kita untuk bisa lebih memahami arti dari sebuah augerah yang di berikan oleh Allah SWT yaitu pengetahuan Sains dan Teknologi.

Seiring perkembangan teknologi yang sekarang ini memuncak membutuhkan tenaga ahli dan sumber daya manusia yang professional juga yang bisa beradaptasi dengan perkembangan yang ada dan bisa mencarikan solusi dari berbagai masalah yang berkaitan dengan teknologi dan di universitas wahid hasyim semarang ada jurusan yang mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut dan diharapkan nanti kedepannya bisa membuat terobosan terobosan baru yang berkaitan dengan teknologi dan disinilah nanti masa depan akan tergenggam oleh anak teknik khusunya oleh karena itu di unwahas telah ada fakultas yang akan mencetak mahasiswa mahasiswanya nanti menjadi pelopor teknologi dalam era yang modern dan tentunya lewat hasil dari ilmu yang diperoleh dari bangku perkuliahan dengan tetap mengedepankan implementasi ke-aswaja-an yang selalu melekat.

DITULIS OLEH  : M. YUSRULNIAM. A

NIM : 103010203

PROGRAM STUDI : TEKNIK MESIN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini