SNST 4 dan Soft Launching Prodi TI FT Unwahas

Semarang, 19 Juni 2013 bertepatan dengan tanggal 10 Sya’ban 1434, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang telah berhasil dan sukses mengadakan Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-4, kegiatan ini merupakan kegiatan Call for Paper rutin yang diadakan setiap tahun. Pada seminar tahun ini juga sekaligus dilakukan Soft Launching Program Studi S1 Teknik Informatika sehingga menambah jumlah Program Studi di Fakultas Teknik yang telah ada yaitu Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Kimia.

Dalam sambutan pembukaannya Rektor Unwahas, DR. H. Noor Achmad, MA memberikan apresiasi kepada Fakultas Teknik yang telah berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional Call for Paper selama 4 tahun berturut-turut dengan peningkatan kualitas dan kuantitas. Teknologi informasi dan komunikasi kini menjadi menjadi kebutuhan mutlak disegala bidang. Hasil pengamatan beliau yang baru berekeling di beberapa negara timur tengah pun, teknologi informasi telah berkembang sangat pesat, baik dalam dunia pendidikan, pertahanan, dan bisnis. Dengan dibukanya Program Studi Teknik Informatika di Fakultas Teknik Unwahas, Rektor yakin program studi tersebut akan berkembang dengan cepat karena TI menjadi kebutuhan mutlak dan di FT Unwahas telah mempunyai oleh sumber daya yang berkualitas maupun prasarana yang telah ada. Unwahas kini telah bekerja sama dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi di timur tengah dan kini juga telah ada kesepakatan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di kawasan Eropa, imbuhnya. Kepada para pemakalah rektor menyampaiakn bahwa hasil penelitian yang akan dipresentasikan merupakan trobosan dalam perbaikan umat dan alam ciptaan Allah SWT.
Onno W. Purbo, Ph.D yang telah diakui kepakarannya pada bidang informatika yang bertindak sebagai Keynote Speaker menegaskan bahwa dengan teknologi informasi kita dapat mengenmbangkan berbagai bidang keilmuan. Berbagai peralatan dan softwere telah ia temuka khususnya dalam pengembanga smat internet maupun smart tv. Dalam kesempatan tersebut beliau juga mendemontrasikan berbagai kemudahan dalam merangkai smart tv maupun smart internet atau jaringan sehingga akses menjadi lebih mudah, cepat dan efektif.

Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke 4 tahun 2013 kali ini dipresentasikan 92 judul makalah bidang keteknikan dan eksakta oleh para peneliti dari bebagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian, diantaranya LIPI, BPPT Puspitek, UGM, Undip, UNS, UNY, Unsoed, Polines, Univ. Budi Luhur Jakarta, Univ. Bina Nusantara Jakarta, Univ. Gunadama Jakarta, Univ. Mulawarman Samarinda, Univ. Bina Darma Palembang, Univ. Muhammadiyah Maluku Utara, Univ. Muhammadiyah Surakarta, Univ. Muhhamadiyah Semaang, Univ. Atmajaya Yogyakarta, Unissula dan peguruan tinggi lainnya di Jawa Tengah dan sekitarnya demikian yang dilaporkan Ketua Panitia Agung Riyantomo.

Kumpulan makalah selanjutnya akan di terbitkan dalam Buku Prosiding ber-ISBN dan di reviewer oleh pakar dai UGM, Undip, ITN dan Unwahas pada pertengahan bulan Juli dan dapat langsung di akses di halaman web Fakultas Teknik, imbuhnya. (HP)**

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini