Enzim dari Lambung Sapi di PIMNAS

Unwahas dengan motto “Intelektual yang Berkarakter” merasa senang dengan diselenggarakannya Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun ini. Alasannya tak lain adalah 2 tim dari Unwahas telah terpilih dan akan bersaing bersama 440 tim lainnya se-Indonesia. Kedua tim tersebut adalah tim dari Muhammad Abdul Rouf dari Fakultas Pertanian dengan program “Masamo Benih Lele Berkualitas dan Tahan Banting” (PKM-Kewirausahaan) dan Nur Aniq dari Fakultas Teknik dengan judul “Biodegumming Rami Menggunakan Enzim Amobil dari Cairan Rumen Sapi” (PKM-Penelitian). “Ini adalah tahun ke-2 mahasiswa kami berlaga di PIMNAS” kata Indah Hartati, ST, MT, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang juga dosen pembimbing PKM ini.

Menurut Nur Aniq, biodegumming rami adalah proses penghilangan gum atau getah pada batang rami dengan menggunakan enzim. Pada penelitian ini, enzim yang digunakan terbuat dari enzim yang di-isolasi dari cairan rumen sapi (lambung sapi). Proses ini terbukti efektif dan lebih ramah lingkungan. Proses ini dapat menggantikan proses degumming rami yang konvensional. “Biasanya para pengolah rami menggunakan bahan kimia dan sekarang kami telah mengembangkannya dengan zat yang ramah lingkungan” ujar mahasiswa dari Jurusan Teknik Kimia ini. Sementara itu, Dekan FT Rita Ratnani, M.Eng mengaku bangga atas prestatasi yang dicapai mahasiswanya. Pada tahun 2013 kemarin, salah seorang mahasiswa FT juga ikut berlaga pada PIMNAS di Mataram. “Saya berharap agar Unwahas berhasil menorehkan prestasi di kegiatan ini”, katanya saat ditemui di Kampus Menoreh.

PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional yang diselenggarakan di perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Ditjen DIKTI. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang terpilih melalui jalur Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan non PKM. PIMNAS selain sebagai wahana untuk mengkomunikasikan ide, gagasan dan karya kreatif mahasiswa, juga merupakan sarana pengenalan budaya, interaksi dan akulturasi nilai-nilai lokal seluruh wilayah Indonesia yang dimiliki oleh segenap mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang pada akhirnya akan melahirkan semangat kebangsaan dengan pemahaman kebhinekaan sebagai dasar membangun bangsa. PIMNAS ke-27 tahun ini berlangsung di Universitas Diponegoro mulai tanggal 25 sampai 29 Agustus 2014. (IS)

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini