Aswaja Lintang Samudra, Tim Mobil Irit Pertama Unwahas

Malang Kota – Kontes Mobil Hemat Energi di Universitas Negeri Malang menjadi menjadi ajang tingkat Nasional kedua yang diikuti Teknik Mesin Unwahas di tahun 2019. Dan pertama kalinya Tim Aswaja Unwahas menampilkan mobil hemat Lintang Samudra di Sirkuit Jakarta-Simpang Ijen depan UM Malang. Kategori yang diikuti yaitu mobil prototype atau purwarupa futuristik dengan bahan bakar gasoline pertamax.

Mobil proto Lintang Samudra mulai dibangun sejak pertengahan tahun 2018 dan baru selesai Agustus 2019. Satu bulan kemudian, Tim berangkat lomba KMHE di Malang pada 24-28 September 2019. Puji Syukur pada Tuhan, meskipun belum berhasil finish sesuai regulasi 10 km atau 10 putaran lap mobil Lintang Samudra berhasil lulus uji inspeksi teknis dan keselamatan sejumlah 10 pos.

Kegiatan KMHE UM 2019 dimulai dari pembukaan dan iring-iringan tim dan mobilnya(defile), persiapan teknis di paddock (garasi), skrutinering (inspeksi uji statis). Inspeksi teknikal terdiri dari Pos Statis 1 : Pos Berat Kendaraan dan Berat Pengemudi, Pos Statis 2 : Pos Dimensi Kendaraan, Pos Statis 3 : Pos Pengereman Statis, Pos Statis 4 : Pos Safety, Pos Statis 5 : Pos Pandangan dan Akses Mengemudi, Pos Statis 6 : Pos Transmisi dan Gas Buang, Pos Statis 7 : Pos Saluran Bahan Bakar, Pos Statis 8 : Pos Wiring Diagram dan Kelistrikan, Pos Statis 9 : Pos Penerangan, Kebisingan Mesin dan Klakson, dan Pos Dinamis : Pos Radius Putar.

Setelah berhasil melalui scrutineering, mobil tim Aswaja Unwahas diizinkan turun ke sirkuit jalan raya. Pada percobaan pertama Lintang Samudra berhasil melaju sejauh 2 putaran dilanjutkan kesempatan kedua memperoleh 3 putaran sehingga total tempuh adalah 5 km. Kendala teknis menjadi evaluasi tim untuk bekerja lebih baik lagi di tahun depan.

Tim Aswaja terdiri dari 7 mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan 20-an anggota pendukung yang turut serta dalam riset dan rancang bangun sejak 2018. Randy, selaku manajer tim menyampaikan, “KMHE tahun ini dijadikan ajang untuk menimba ilmu, menjalin persahabatan dengan tim lain, mencari pengalaman, dan membuktikan bahwa kampus kita bisa bersaing dengan kampus besar se-Indonesia”.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini