Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak mendapatkan akreditasi Nasional Sinta 4

Sertifikat SINTA 4

Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JINRPL) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) sejak tahun 2019. Alhamdulillahirobbil a’lamin..memasuki usianya yang 2 tahun ini JINRPL mendapatkan peringkat sinta 4 akreditasi jurnal nasional. Sinta (Science and Technology Index) merupakan pemeringkatan akreditasi jurnal secara nasional yang dikeluarkan oleh kementrian ristekdikti yang sekarang menjadi kemenristik-BRIN (Kemeterian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Jurnal dengan fokus pada bidang ilmu Informatika ini mempublikasikan artikel ilmiah dalam ruang lingkup software engineering (rekayasa perangkat lunak), information system (sistem informasi), artificial intelligence (kecerdasan buatan), computer based learning (pembelajaran berbasis komputer), computer networking & data communication (jaringan komputer & komunikasi data), dan multimedia. Jurnal yang dikelola oleh Agung Riyantomo (Kaprodi Teknik Informatika UNWAHAS) sebagai editor in Chief bersama tim editor lainnya sejak Volume 1 ini mengajukan akreditasi untuk yang pertama kalinya setelah menerbitkan 2 Volume dan 4 terbitan dan mendapat peringkat Sinta 4 berdasarkan hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 melalui Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia Nomor 200/M/KPT/2020, tanggal 23 Desember 2020.

Penilaian akreditasi jurnal nasional ini dilakukan secara online yang terdiri dari managemen pengelolaan secara online penuh, mulai dari proses submit, review, editing, layout dan publish. Kelengkatan fitur-fitur online juga menjadi penilaian seperti tampilan website jurnal, jumlah visitor (kunjungan), jumlah pengutipan (sitasi), terindek oleh lembaga pengindek ditingkat pemula (Google Scholar) dan ditingkat sedang (DOAJ). Hal yang tidak kalah penting adalah mutu artikel seperti kebaruan, dampak yang tinggi secara ilmiah, mutu penyuntingan, kualifikasi mitra bestari bertaraf internasional, dan menggunakan sumber primer dan jurnal lebih dari 80% dari semua jenis kutipan. Harapannya kedepan, mohon doa dan dukungannya untuk kami dari tim pengelola agar terus meningkatkan kualitas, peringkat dan reputasi kedepan lebih baik lagi. Mulai edisi 2021 ini, seleksi artikel ilmiah yang masuk akan lebih selektif lagi dari segi kualitas, mutu dan kebaruan penelitian.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini