MOMENTUM Terindeks di Scholar Google dan Portal Garuda Dikti

Jurnal Ilmiah MOMENTUM terbitan Fakultas Teknik Unwahas mulai Desember 2014 telah terindeks di Google dan Portal Garuda. Menurut pengelola jurnal, Laeli Kurniasari MT, terindeks-nya jurnal ini merupakan prestasi yang patut disyukuri oleh segenap pengelola. “Sepengetahuan kami di lingkungan Unwahas, baru Jurnal milik FT yang telah terindeks di Portal Garuda Dirjen Dikti,” ujar Laeli Kurniasari yang juga Wakil Dekan FT ini.

Sedangkan di Google Cendekia atau Scholar Google sebenarnya telah terindeks mulai September 2014 yang lalu. Dengan terindeks-nya jurnal ini, kesempatan untuk di-searching saat mencari referensi akan lebih mudah ditemukan oleh orang lain. Di Google, kita juga tahu siapa saja penulis yang telah mencitasi makalah atau paper di MOMENTUM. Kita bisa mengukur seberapa penting tulisan yang terpublikasi di jurnal ini telah dijadikan referensi oleh pihak lain. Dia juga berharap agar indeksasi ini membawa peningkatan kualitas jurnal. Pengelola akan terus berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan, baik dari proses review, konten, serta ketepatan waktu penerbitan. Rencana kedepan adalah akan dikembangkannya jurnal ini melaui Directory of Open Access Journals (DOAJ) serta pencantuman sistem Digital Object Identifier (DOI) bagi setiap paper. Demikian penjelasannya.

Menurut Darmanto, M.Eng bagian penerbitan jurnal, proses indeksasi di Portal Garuda, sebelumnya didahului oleh pemberian elektronik ISSN (e-ISSN) untuk versi on line oleh LIPI. “ISSN untuk versi cetak telah kami dapatkan sejak awal pendirian MOMENTUM di tahun 2005,” katanya. Setelah e-ISSN diterima, serta melengkapi beberapa persyaratan tertentu, barulah mengurus pengajuan ke Portal Garuda. “Setelah melalui review oleh Dikti, Alhamdulillah bisa terindeks di Portal Garuda,” tutupnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini