Kapuslitbang Sumberdaya Laut dan Pesisir KKP di SNST ke-6

Rabu (10/6) Fakultas Teknik menyelenggarakan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST). Bertempat di Auditorium Kampus 2 yang beralamat di Jl. Kol. Warsito Soegiarto No. 1, Bukit Manyaran Permai – Sadeng, Gunung Pati ini menampilkan dua pembicara kunci. Dua keynote speaker pada seminar ini adalah Dr. Budi Sulistyo, M.Sc Kepala pusat penelitan dan pengembangan sumberdaya laut dan pesisir Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Dr. Ir. Abdul Ghofar, M.Sc Ketua Komisi Nasional Pengkajian Sumberdaya Ikan. “Menurut rencana Ibu Susi Pudjiastuti akan hadir tetapi karena kesibukan tugasnya, beliau mewakilkan kepada Dr. Budi Sulistyo,” jelas Dekan Fakultas Teknik Rita D. Ratnani, M.Eng.

Acara dibuka oleh Rektor Unwahas Dr. Noor Achmad. Dalam sambutannya Rektor sangat mengapresiasi positif kegiatan seminar call for paper yang ke-6 ini. Kemungkinan tantang kerjasama kelembagaan antara Unwahas dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan terus dijajaki. Dalam Plenary session dua pembicara kunci tampil membahas tentang peran teknologi dalam ketahanan pangan berbasis sumberdaya kelautan dan perikanan.

Budi Sulistyo dalam paparannya yang berjudul Penguatan Iptek dalam rangka Peningkatan Ketahanan Pangan mengemukakan tentang berbagai inovasi teknologi yang digagas oleh KKP. Inovasi tersebut diantaranya adalah Teknologi Citra Radar Satelit untuk Penanganan Illegal Fishing, Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (PPDPI), serta Sistem Informasi Nelayan Pintar di Sentra Nelayan. Sedangkan Abdul Ghofar yang juga dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip ini menyinggung tentang keserakahan manusia dalam mengelola sumberdaya perikanan yang perlu dikendalikan.

Dalam sesi pararel, paper yang masuk dipresentasikan. Pada SNST ke-6 ini, 114 paper telah lolos seleksi. Paper tersebut terbagi dalam 6 bidang, yaitu: Kimia dan pangan (22), energi (7), material dan perancangan (20), manufaktur dan teknik industri (15), teknik informatika dan elektronika (40), serta teknik sipil dan arsitektur (10). Paper yang telah dipresentasikan akan diterbitkan dalam Buku Prosiding ber-ISBN yang terindeks di Scholar Google dan Portal Garuda Dikti yang diunggah di laman http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini