Bekali Keahlian Menggambar Mesin, Mahasiswa Teknik Mesin Ikuti Pelatihan CAD

Dalam rangka mengisi liburan semester gasal tahun ini, Lab. Perancangan Teknik Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) mengadakan pelatihan menggambar mesin. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua pekan ini bertempat di Kampus Unwahas Sampangan mulai pertengahan hingga akhir Februari 2019.

Menurut kepala Lab. Perancangan Teknik, I. Syafa’at, pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa keahlian computer aided design (CAD). “Mahasiswa dilatih membuat gambar 3D komponen permesinan berbasis CAD,” tutur Syafa’at Kalab Perancangan (25/2). Dalam kegiatan itu, selain dijelaskan dasar-dasar menggambar teknik, peserta juga diajari bagaimana merakit atau assembling komponen. Setiap peserta juga mendapatkan sertifikat. Pelatihan Autodesk Inventor ini merupakan angkatan ke-7. Kegiatan pelatihan rutin dilaksanakan setiap semester.

Lebih lanjut Ketua Jurusan Teknik Mesin Unwahas, Dr. Bondan Respati mengatakan bahwa sertifikat pelatihan nantinya digunakan sebagai salah pendukung kompetensi lulusan melalui Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Memang di kurikulum Teknik Mesin sudah ada CAD namun itu dirasa kurang cukup, untuk itulah diperlukan pelatihan,” terang Bondan. Memang benar apa yang dikatakan Kajur Teknik Mesin tersebut. Kebutuhan tentang penggunaan teknologi komputer untuk desain ini sangat diperlukan.

Melalui tracer study, beberapa alumni memandang perlu diberikan pelatihan CAD ini.  Informasi ini diperoleh dari salah satu alumni yaitu Khoeron yang sekarang bekerja di bagian research and development di sebuah perusahaan swasta di kota Semarang. “Desain gambar 3D sangat diperlukan untuk merancang produk,” kata Khoeron mantan asisten Lab. Perancangan ini. []

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini