PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK PEMBERSIH UNTUK MAHASISWA TEKNIK KIMIA UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG

Jurusan Teknik Kimia Unwahas baru – baru ini mengadakan Pelatihan pembuatan produk pembersih untuk mahasiswa. Tujuan pelatihan ini untuk membangun dan mengembangkan jiwa berwirausaha dalam diri mahasiswa. Hal ini juga sesuai dengan tujuan lulusan yaitu alumni jurusan teknik kimia unwahas diharapkan selain dapat bekerja dalam bidang Industri maupun bidang lainnya, mereka juga bisa berwirausaha untuk menghasilkan produk serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Pelatihan dilaksanakan setiap hari Rabu selama 3 kali pertemuan di Laboratorium Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Unwahas. Setiap sesi praktek dilakukan selama 3 jam dengan materi praktek antara lain pembuatan softener, karbol dan sabun cuci piring, kedepan akan ada banyak lagi pelatihan pembuatan produk lain yang akan diberikan kepada mahasiswa, seperti pembuatan cat tembok serta pembuatan mocaf (modifikasi pati singkong) untuk kue. Pelatihan ini memberikan ketrampilan kepada mahasiswa dalam bidang industri kimia. Mahasiswa menyambut antusias program tersebut, seperti yang dikatakan oleh salah satu mahasiswa Hani Haswati, “Kami senang ada model pelatihan seperti ini karena selain dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan juga dapat membuka wawasan untuk memulai  usaha dengan membuat suatu produk yang bermanfaat serta memasarkannya”.

Ketua Jurusan Teknik Kimia Indah Riwayati, ST, MT menjelaskan, “Pelatihan ini dilakukan untuk mendukung mata kuliah kewirausahaan yang selama ini hanya mencakup teori saja. Melalui kegiatan pelatihan ini mahasiswa diharapkan bukan hanya pandai dalam teori kewirausahaan, tetapi juga mampu membuka dan mengembangkan usaha dalam pembuatan produk – produk yang sudah diberikan dalam pelatihan. Kedepannya akan ada pelatihan sejenis lagi dengan produk-produk yang lebih beraneka ragam”, tutupnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini