TIM Dosen Teknik Melakukan Program Kemitraan Masyarakat Bagi Produsen Keripik Pisang Desa Bringin

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh dosen dalam rangka melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Dalam hal pengabdian kepada masyarakat ini, pemerintah melalui Kementerian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi memberikan dukungan dan fasilitas kepada para dosen melalui pendanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Pada tahun 2019 ini, tim dosen Fakultas Teknik Unwahas berhasil meloloskan 2 proposal kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui skema PKM yang salah satunya berjudul Program Kemitraan Masyarakat bagi Produsen Keripik Pisang di Desa Bringin Kec. Godong Kab. Grobogan. Program Kemitraan Masyarakat tersebut diketuai oleh Nugroho Eko Budiyanto, ST., M.Kom (Jurusan Teknik Informatika) serta beranggotakan Laeli Kurniasari, ST, MT (Jurusan Teknik Kimia) dan Eka Dewi Nurjayanti, S.P, M.Si (Jurusan Pertanian).

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk melakukan penguatan usaha produksi melalui penggunaan alat-alat pada proses produksi keripik pisang dan pengurusan sertifikasi halal. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu ibu Sartini, beliau merupakan produsen keripik pisang di Desa Bringin Kecamatan Godong. Tim dan mitra telah melakukan diskusi untuk memutuskan rencana kegiatan, dimana tim dari Unwahas akan mendesain dan mempabrikasi alat perajang pisang dan alat penggorengan ergonomis yang digunakan pada proses produksi. Selain itu tim juga membantu proses perbaikan tempat produksi serta memberikan pelatihan terkait cara mengurus perijinan usaha (ijin PIRT dan sertifikasi halal). Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam kurun waktu 6 bulan. Lebih lanjut tim PKM ini berharap agar apa yang telah dilakukan untuk mitra dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan usaha keripik pisang di Desa Bringin.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini