Masker Anti Jerawat Dari Kombinasi Bittern Dan Ekstrak Daun Pepaya Mengantarkan Revy dkk Lolos PKM

Pengumuman pendanaan PKM dari Kemenristek Dikti (9/03/2017) telah meloloskan 6.000-7.000 mahasiswa dari berbagai Universitas  di Indonesia, salah satunya adalah tim mahasiswa Universitas Wahid Hasyim yang diketuai oleh Revy Andar Raesta dengan anggota Ninik Indah Hartati, Siti Iqlima Layudha, dan Muhammad Ivan Nurrohman. Tim ini mendapatkan pendanaan PKM untuk skim Penelitian (PKMPE) dengan judul “ Pemanfaatan Bittern (Air Tua) Garam Untuk Pembuatan Peel Off Mask dengan Ekstrak Daun Pepaya sebagai Anti Jerawat”.

 

Menurut Revy, latar belakang penelitian ini adalah mengingat akan kebutuhan dan pangsa pasar kosmetik yang masih luas serta kurang termanfaatkannya air limbah garam oleh petani setempat. Dari sini lantas muncul ide untuk mengkombinasikan air limbah garam (bittern) dan ekstrak daun pepaya sebagai bahan masker. Limbah air garam ini banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh wajah seperti Mg, Cl, SO4, K, Na, I, Zn, P, Ca dan Se. Sedangkan di dalam daun papaya mengandung alkaloida yang memiliki aktivitas anti bakteri. Penelitian yang memakan waktu 3 bulan ini menggunakan laboratorium yang difasilitasi oleh kampus UNWAHAS yaitu Laboratorium Fitokimia untuk pembuatan ekstrak daun papaya, Laboratorium Proses Kimia untuk formulasi masker dan analisa produk serta Laboratorium Material untuk pengujian kadar abu.

Harapan dengan adanya penelitian yang didanai oleh Kemenristek dikti ini dapat memacu semangat temen-temen terutama dari UNWAHAS untuk berlomba-lomba sekreatif mungkin dalam menghasilkan ide-ide baru. Untuk produk masker itu sendiri dapat dilanjutkan lagi kedalam program PKM-Kewirausahaan (PKM-K) supaya dapat dipasarkan di masyarakat luas, tentunya setelah aspek legalitas dan perijiannya telah terpenuhi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini