Partisipasi Prodi Teknik Mesin Unwahas pada Musyawarah Anggota BKSTM 2017

Surabaya – Tanggal 4 Oktober yang lalu, Prodi Teknik Mesin Unwahas ambil bagian dalam musyawarah anggota Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) 2017 yang diselenggarakan di kampus Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Acara tahunan yang diadakan rutin dengan tuan rumah bergiliran ini merupakan satu rangkaian kegiatan mulai dari diskusi buku, presentasi perusahaan, laporan persiapan Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) dan lomba Rancang Bangun Mesin (RBM), perkembangan Jurnal Teknik Mesin Indonesia (JTMI), serta evaluasi keanggotaan dan anggota baru.

BKSTM Indonesia merupakan organisasi yang menjadi wadah pertemuan Ketua Jurusan/Program Studi/Departemen Teknik Mesin perguruan tinggi se-Indonesia, resmi berdiri pada tahun 2002 di Jurusan Teknik Mesin ITS. Prodi TM Unwahas, anggota ke-29 dari total 60 anggota, bergabung sejak tahun 2010.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Jurusan Teknik Mesin ITS Dr. Bambang Pramujati, Dekan FTI ITS Dr. Bambang Lelono W., dan Sekjend BKSTM Prof. Mulyadi Bur. Dalam sambutannya, Dr. Bambang Pramujati mengucapkan selamat datang di ruang bersejarah berdirinya BKSTM, beliau juga berseloroh prodi S1 TM ITS adalah jurusan laki yang mulai disukai wanita, melalui PMDK khusus putri berhasil mengisi 25% kuota  dengan mahasiswi, dengan begitu ‘suasana akademis’ menjadi lebih bersemangat, rajin dan rapi.

“Tujuan utama adanya BKSTM yaitu menjadi forum rembug untuk meningkatkan kerja sama antar perguruan tinggi teknik mesin, menyetarakan kurikulum pembelajaran, tridarma pendidikan, fasilitas dan standar laboratorium, serta kualitas SDM. Diharapkan tidak terjadi ketimpangan dalam pengelolaan prodi Teknik Mesin Indonesia baik di Jawa-luar Jawa dan bagian Timur maupun Barat” jelas Prof. Bur yang merupakan dosen Teknik Mesin Universitas Andalas (Unand).

Musyawarah dilanjutkan dengan studi banding laboratorium yang dimiliki prodi TM ITS. Unwahas perlu bekerja keras dan bergerak cepat untuk bisa setara dengan TM ITS yang sudah berusia 60 tahun, setidaknya kita bisa berbangga dan tidak berpuas diri dengan umur 17 tahun TM Unwahas sudah mendapatkan akreditasi B dan memberikan fasilitas juga pedidikan yang memadai bagi mahasiswanya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on print
Print
Kerjasama Kampus Merdeka Fakultas Teknik
its
undip
unnes
ITN
itenas
logo-akprind

Alamat

Kampus 1 (Fakultas Teknik):
JL.Menoreh Tengah X / 22 Sampangan Gajahmungkur Kota Semarang Jawa Tengah 50232.

Kampus 2:
Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Nongkosawit, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50224

Langganan berita

Ikuti berita terbaru dari website ini dengan memasukan email dibawah ini